Minggu, 16 Agustus 2020

PHBS saat wabah corona

 

PHBS adalah hidup bersih dan sehat, dalam artian secara luas berarti penerapan prilaku atau tindakan hidup bersih dan sehat didalam kehidupan sehari hari. Hal ini dapat dimulai dari hal- hal kecil seperti mencuci tangan setiap bersentuhan baik melalui benda atau humanity.

Saat ini dunia sedang diresahkan oleh suatu wabah penyakit yang bernama Corona atau  Covid 19, dan belum ditemukan penangkal atau antivirus dari penyakit ini. Namun banyak hal yang bisa kita terapkan untuk menghindar atau bahkan memutus mata rantai penyebaran Covid 19 ini, salah satunya adalah menerapkan PHBS dimanapun dan kapanpun.

Berikut ini adalah PHBS yang dapat kiita terapkan selama wabah Corona

1.      Mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir

Prilaku hidup bersih dan sehat dengan melakukan gerakan mencuci tangan setiap kali bersentuhan dengan apapun dengan tujuan untuk menjaga kebersihan pribadi dan mencegah penularan berbagai penyakit melalui tangan yang terkontaminasi kuman

Mencuci tangan dengan sabun merupakan salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari menggunakan air  dan sabun oleh manusia untuk menjadi bersih dan dapat memutuskan mata rantai kuman. Mencuci tangan dengan air saja lebih umum dilakukan, tetapi hal ini terbukti tidak efektif dalam menjaga kesehatan dibandingakan dengan mencuci tangan dengan air dan sabun.

Semua jenis virus termasuk Corona atau Covid 19 bisa dapat aktif diluar tubuh manusia selama berjam- jam bahkan berhari- hari  dapat menyebar melalui percikan. Disinfektan, handsanitizer, gel dan kirm yang mengandung alcohol  berguna untuk membunuh virus, tetapi tidak sefektif sabun.

2.      Perbanyak minum air putih

Air putih bermanfaat untuk menjaga sistem yang ada dalam tubuh untuk memenuhi cairan dalam tubuh (detik.com)

 

Manfaat air putih bagi kesehatan

a.       Baik untuk pencernaan, air berperan untuk menolong sistem pencernaan makanan menjadi lebih baik

b.      Meningkatkan metabolisme, jika perut kosong diisi dengan air putih tubuh akan meningkatkan metabolisme kurang dari 24%

c.       Mengeluarkan toksin dalam tubuh, makanan ataua minuman yang dikonsumsi akan mengeluarkan toksin- toksin dalam tubuh

Jika dikaitkan dengan pencegahan covid 19, air putih bisa memutus mata rantai dan menajadi bagian terpenting didalamnya

Seorang agent (pembawa) penyakit jika terpapar virus corona atau covid 19, mak virus tadi akan bertahan 10- 15 menit di tenggorokan, sebelum masuk ke sistem pernapasan, jika kita banyaj minum minum setiap harinya (8 gelas sehari), maka virus yang semula bertahan ditenggorokan akan masuk atau terdorong kesaluran pencernaan. Jika sudah didalm saluran pencernaan, maka virus corona atau covid 19 berhenti berkembang biak. Karena sejatinya virus corona atau covid 19 akan berkembang dan menyerang tubuh jika masuk kesistem pernapasan

3.      Berjemur dibawah sinar matahari pagi

Berjemur di bawah sinar matahari pagi baik untuk mendapatkan vitamin D, dengan adnaya vitamin D sel- sel kekebalan tubuh akan lebih aktif dalam melawan benda asing yang masuk kedalam tubuh termasuk virus Corona atau Covid 19.

 “ Ketika kuman atau virus masuk kedalam tubuh yang pertama melawan adalah sel- sel sistem imun, dengan adanya vitamin D =, fungsi sel imun akan meningkat sehinggga virus akan ditangkan dan dimatikan” (dr. Budi Setiabudiawan, Sp.A (K),M.Kes)

3 komentar: