Kamis, 30 April 2020

KETERKAITAN ANTARA MANAJEMEN ORGANIASI DAN ADMINISTRASI


KETERKAITAN ANTARA MANAJEMEN ORGANIASI DAN ADMINISTRASI
Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Managemen Konseling
Disusun
O
L
E
H
Nama : Radita Utami Putri

Dosen Pembimbing :
Nurhafiza, M.Pd


FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
JURUSAN BIMBINGAN PENYULUHAN ISLAM
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUMATERA UTARA
2020/2021









1. Kedudukan Managemen Organisasi dan Adminitrasi
a. Kedudukan Managemen
  •  Manajemen Sebagai Seni , Manajemen dianggap sebagai seni dikarenakan kepemimpinan memerlukan kharisma, stabilitas emosi, kewibawaan, kejujuran, kemampuan menjalin hubungan antar manusia yang semuanya itu ditentukan.
  • Manajemen sebagai Ilmu, Manajemen dianggap sebagai ilmu dikarenakan manajemen bisa di pelajari seperti halnya ilmu pengetahuan yang dapat dipelajari oleh siapapun.
  • Manajemen sebagai Profesi, Manajemen dianggap sebagai profesi dikarenakan profesi mencakup keanggotaan dari mereka yang memiliki pengetahuan khusus, diakui dan diatur oleh kode etik.

b. Kedudukan Organisasi 

Semua orang yang tergabung di dalam struktur perusahaan atau sekolah bisa melakukan koordinasi dengan mudah karena adanya struktur organisasi yang jelas. Setiap orang memiliki kedudukan dan fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan penempatannya

c. Kedudukan Adminitrasi


  • Adminitrasi sebagai seni, Administrasi dianggap seni karena kecakapan penerapan pengetahuan yang dimiliki pada situasi tempat dan jenis kegiatan tertentu
  • Administrasi sebagai ilmu dikarenakan dalam melaksanakan aktivitas organisasi harus berdasarkan ilmu-ilmu yang dipejari terlebih dahulu karena tingkat ilmu yang dimiliki manajer administrasi akan mempengaruhi kualitas hasil kerjanya
  • Administrasi sebagai bidang studi dikarenakan dalam perguruan tinggi atau swasta ilmu administrasi diajarkan dengan jurusan administrasi negara dan administrasi bisnis. 
Dalam kehidupan manusia serba kebutuahan, kebutuhaan untuk tempat tinggal, makan, pakaian dan lain-lain yang biasa dikenal dengan istilah kebutuhan- kebutuhan primer atau kebutuhan pokok. untuk dapat memenuhi kebutuhan ini apa itu kebutuhan primer atau kebutuhan sekunder .orang harus mengusahakan dengan perbuatan -perbuatan yang nyata berusaha seorang diri maupuna secara bekerja sama dengan perbuatan yang nyata akan dengan perbuatan nyata maka kebutuhan itu menjelma menjadi tujuan.didalam memenuji kebutuhannya dalam banyak hal orang harus bekerja sama atau dengan kata lain orang harus melaksanakan suatu proses penyelenggaraan usaha kerja sama dalam mencapai tujuaannya. Proses penyelenggaraan inilah yang disebut dengan administrasi dan pada masyarakat moden yaang makin berkembang ini makin penting pula tujuan-tujuan yang ingin dan hendak dicapainya maka makin baik dan tepat pula administrasi yanag harus diaarahkannya oleh karena itu makin penting pulaa kedudukana administrasi sebagai kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan tersebut.

Kedudukan aadministrasi penting dalam suatu negara yaang telah maju apalagi bagi negara yang sedang berkembang. yang mana administrasi akan memberi sumbangan pengalaman dibidang apapun telah mengajarka kepada negara-negera itu bahwa masalah kemajuan negara bukanlah dititik beratkan hanya pada modal yang cukup sumber-sumber alam dan kekayaan bumi yaang berlimpah-limpaah tenaga kerja manusia yang belebih-lebihan tetapi sangat dibutuhkan peranan/ kedudukan aadminstrasi. administras merupakan modal yang berhargan sekali bagi negara-negara tersebut untuk melaksanakan tugas dalam mencapai tujuan apalagi asas utama administrasi adalah daya guna kerja berarti bahwa manusia ingin mencapai suatu hasil secara maksimum atau terbaik dengan menyelenggarakan sesuatu keja atau usaha secara minimum atau teringan dalam mencapai tujuan yang telah ditentukaan sebelumnya.
Disamping administrasi penting bagi suatu negara maka admnistrasi jugaa penting bagi badan-badaan atau organisasi perusahaaan dan perindustrian juga bagi lembaga-lembaga seperti lembaga peradilan lembaga permasyarakatan bahkan pembrontak dan orang matipun membutuhkan admnistrasi sehingga dapat dikatakan bahwa dimana ada terdapat kegiatan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama maka disana terdapat administrasi.

2. Perbedaan Managemen, Organisasi, Adminitrasi
a. Managemen
  • Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasandalam suatu organisasi
  • Manajemen bertujuan untuk mencapai tujuanorganisasi yang telah ditetapkan melalui usaha-usaha para angoota organisasi dan penggunaan sumber-sumber daya organisasi lainnya. 
  • Orang yang melakukan tugas manajemen disebutsebagai manajer
  • Manajemen berfungsi untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang perlu dilaksanakan dalam rangka pencapaian tujuan dalam batas-batas kebijaksanaanumum yang telah dirumuskan
b. Organisasi
  • Organisasi adalah sistem sosial, yaitu orang-orang dalamkelompok atau Integrasi (kesatuan) dari aktivitas-aktivitasorang-orang yang bekerja sama
  • Organisasi berpedoman pada tujuan bersama dengan sistem kerjasama
  • Organisasi merupakan suatu kumpulan tertentu yangterdiri dari manusia, material, kapital, gagasan, dansumber daya alam ke dalam suatu keseluruhan pemecahan persoalan 
  • Organisasi berfungsi dalam membentuk hubungan-hubungan yang esensial di antara orang-orang, tugas-tugas dan aktivitas-aktivitas dengan caramengintegrasikan dan mengkoordinasikan semua sumber.
c. Adminitrasi
  • Administrasi merupakan usaha atau aktivitaskelompok manusia yang terdiri dari 2 orang atau lebih dalam penyusunan dan pencatatan data daninformasi secara sitematis dengan maksud untukmenyediakan keterangan serta memudahkanmemperolehnya kembali secara keseluruhan dandalam hubungannya satu sama lain.
  • Administrasi memiliki tujuan yang terhimpun dalam organisasi melalui kegiatan memberi bantuan dalam mengelola informasi, mengelola manusia, mengelola harta benda
  • Orang yang bekerja dalam administrasi disebut sebagai administrator
Perbedaan antara manajemen dan administari  adalah: Administari diperuntukkan untuk menentukan tujuan inti atau menetapkan kebijakan, sedangkan manajemen untuk pelaksaan guna mencapai tujuan dan pelaksanaan kebijakan yang ditetapkan pada sebuah organisasi atau perusaaan, administrasi dan manajemen memiliki level yang berbeda. Manajemen berbeda di level atas dengan posisi jajaran manajer. Level ini seringkali di sebut level keputusan. Administrasi berada pada level operasional, dimana meuthfrerlaksanakan apa yang diperintakan ole para pengambilan keputusan. Perbedaan utama antara manajemen dan administrasi adalah sebagai berikut Manajemen adalah acara sistematis dalam mengatur orang dan hal- hal di dalam organisasi. Administrasi didefenisikan sebagai suatu tindakan mengelola keseluruan organisasi oleh kelompok orang

3. Hubungan Managemen, Organisasi, Adminitrasi
Woodrow Wilson meletakkan 4 prinsip dasar bagi administrasi  yang mewarnai manajemen organisasi saat ini; 1 pemerintah dan masyarakat sebagai setting utama organisasi ; 2 fungsi eksekutif sebagai focus utama; 3 pencarian prinsip-prinsip dan teknik manajemen yang lebih efektif sebagai kunci pengembangan kompetensi adminsitrasi, dan ; 4 metode perbandingan sebagai suatu metode studi dan pengembangan bidang administrasi Negara. (Sri yuliani : 2011 :4)
Berdasarkan atas terori yang dikemukakan oleh Ordway Tead dan Dalton Mc Farland dapat dimpulkan bahwa admnistrasi terdiri dari organisasi dan manajemen. Kemudian jika kita mempelajari teori Dimock & Koenig, inti dari manajemen adalah kepemimpinan  (leadership is the key to management). Dalam pengambilan keputusan (decisions making process) yang mempunyai tanggung jawab dalam pengembilan keputusan adalah pemimpin / kepala, maka dengan demikian inti dari kepemimpinan ialah pengambilan keputusan. Dalam proses pengembilan keputusan olem pimpinan, yang harus menjadi pertimbangan adalah hubungan antar manusia ( Human relation), terutama hubungan pimpinan dengan bawahan selaku staf pimpinan . Dalam hal ini perlu dipertimbangkan bahwa seberapa besar kontribusi bawahan kepada pimpinan dalam proses pengambilan keputusan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa inti dari pengambilan keputusan adalah hubungan antar manusia (Human relation).
Administrasi mempunyai arti yang lebih luas daripada manajemen. Administrasi, sesuai dengan prosesnya ialah menentukan tujuan dan kebijaksanaan, sedangkan organisasi sebagai wadah untuk mencapai tujuan. Adapun manajemen merupakan pelaksanaannya yang satu sama lainnya saling berhubungan dan saling berkaitan sehingga tujuan dapat tercapai. Administrasi terdiri dari organisasi dan manajemen, sedangkan inti manajemen adalah kepemimpinan, sesuai dengan tingkat-tingkatnya, maka kemampuan manajemen (managerial skill) meliputi kemampuan konsepsional, kemampuan melakukan hubungan dengan manusia yang lain (human skill), dan kemampuan teknis (tecnical skill)



DAFTAR PUSTAKA

https://vatmawatigeool.wordpress.com/kedudukan-administrasi/ diakses pada tanggal 4 April 2020, pukul 09 :15 WIB
https://m.nscpolteksby.ac.id/detailberita-469-pengertian-dan-hubungan-antara-administrasi-organisasi-dan-manajemen diakses pada tanggal 3 April 2020, pukul 13:15 WIB.
Burhanuddin Yusak. 2005. “Administrasi Pendidikan”, Pustaka Setia, Bandung.
Thantawi R. MA. 1995. Manajemen Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Pamator Pressindo




Tidak ada komentar:

Posting Komentar